Ppt pengaturan berat badan atlet pdf

Indeks massa tubuh IMT yang dibuat untuk populasi umum, tidak cocok digunakan pada atlet. Pada kadar lemak berapa atlet kelihatannya menampilkan penampilan yang terbaik? Secara umum penurunan lemak tubuh lebih dibutuhkan atlet daripada penurunan BB.

Dalam keadaan sehari-hari tubuh akan selalu berusaha mempertahankan keseimbangan cairan ppt pengaturan berat badan atlet pdf euhydrationsehingga bila keadaan cairan berlebih hyperhidration maka akan terjadi proses pengurangan cairan dehydration. Biasanya lemak subkutan diukur pada tiga sampai tujuh tempat dan persamaan tertentu digunakan untuk merubah hasil pengukuran menjadi perkiraan jumlah lemak tubuh.

Kelebihan sodium menjadi salah satu faktor resiko terhadap hypertensi dan pengurangan calsium yang berkontribusi pada pengurangan densitas tulang.

Asupan energi: Adapun tujuannya yaitu memberikan informasi tentang kebutuhan energi dad individu khususnya yang berolahraga. Prestasi olahraga dapat ditingkatkan dengan diet yang benar disertai dengan program latihan yang tepat1.

Keadaan ini dapat terjadi pada saat atlet sedang bertanding dengan gejala-gejala pusing, mual dan muntah sampai kolaps. Asupan lemak yang rendah penting untuk menghasilkan lemak tubuh yang rendah.

Walaupun kebutuhan protein pada Atlet hanya sedikit lebih besar daripada pesantai kebanyakan Atlet mengkonsumsi sejumlah protein yang nyata lebih besar dari pada yang direkomendasikan.

Rencanakan penurunan BB 0,5 — 1 kg per minggu atau kurang lebih mm untuk pengukuran skinfold anda per 2 minggu. Cara kerja; Variabel independent yaitu pengaturan berat badan melalui pengaturan jumlah asupan energi dan zat gizi mikro setiap hari. Sukai ini: Manipulasi BB dan komposisi tubuh untuk memperbaiki penampilan mungkin membutuhkan penurunan lemak tubuh serta peningkatan massa otot.

Dan juga sebaiknya lebih dianjurkan agar mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit tetapi sering, misalnya jika memiliki kebiasaan makan 3 kali sehari dalam porsi besardalam program penurunan berat badan lebih baik untuk makan kali sehari dalam porsi kecil dengan jumlah kalori yang kecil c jenis makanan Memilih jenis makanan yang dikonsumsi untuk penurunan berat badan sangat berperan penting.

Hal ini menunjukan bahwa kemampuan kardiovaskuler semua subyek penelitian selama penelitian dalam keadaan baik. Makanan jenis ini akan menyediakan karbohidrat untuk simpanan otot dan zat gizi yang lain, namun membiarkan saluran cerna kosong dan ringan.

Sedangkan asupan energi yang diperoleh dari hasil recall sebelum perlakuan adalah 4. Pada masa pertandingan, seluruh aktifitas atlet difokuskan pada kegiatan pertandingan yang tahapnya dapat berlangsung satu hari sampai kegiatan beberapa hari berturut-turut. Apakah dengan penanganan nutrisi dapat mengantisipasi penurunan prestasi yang mungkin terjadi?

Olahragawan sebaiknya biasa menimbang berat badannya sebelum dan sesudah latihan. Kegagalan sebagian besar orang yang menikuti diet yang ketat dari majalah misalnya, sebab diet tersebut biasanya sangat ketat dan tidak cocok dengan gaya hidup dan kebutuhan masing-masing atlet.

Suka Memuat Makanan tidak boleh merangsang atau menyebabkan masalah yang tidak baik pada saluran pencernaan. Perubahan lingkungan dan keinginan mencoba makanan yang baru, jumlah makanan yang tidak dibatasi dapat mengakibatkan meningkatnya konsumsi makanan serta lemak tubuh.

Pemberian suplemen makanan karbohidrat bisa berupa cairan ataupun padat tergantung kesukaan atlet dan jenis olahraganya. Sihadi, M.

GIZI ATLET.ppt

Dapatkah atlet menjaga kesehatan yang baik pada tahap ini? Berat badan diukur dengan alat ukur berat badan dengan suatu satuan kilogram. Namun ketergantungan pada timabangan merupakan masalah pada jenis olahraga yang memerlukan pengelompokan berdasarkan BB, seperti wrestling, tinju, dayung.

Penggunaan timbangan untuk mengukur BB tidak dapat digunakan untuk menentukan kelebihan lemak tubuh, karena BB tidak dapat merefleksikan komposisi tubuh dan perubahannya.

Berat badan merupakan indikator yang sangat penting untuk kemampuan fisik, sehingga diperlukan pengaturan berat badan. Pembatasan kalori lebih banyak, selain membutuhkan penyesuaian metabolik juga menyulitkan dalam memenuhi kebutuhan zat gizi yang lain.

Pemberian makanan setelah pertandingan harus memperhatikan keadaan atlet. Data kemampuan fisik diambil secara kuantitatif dengan rowing ergometer selama 6 menit yang meliputi tenaga wattkemampuan kardiovaskuler VO2maks dan jarak tempuh meter.

Untuk menurunkan BB yang terakhir gunakan diet rendah sisa pada jam terakhir. Sebaiknya penurunan asupan energi dengan makan sedikit lemak dan minyak. Pengurangan energi yang lebih ekstrim dapat menyebabkan penyesuaian metabolik tubuh.justgohostelbraga.comuran berat badan sangat dibutuhkan oleh setiap atlet untuk mempertahankan serta meningkatkan status gizi dan status kesehatan sehingga dapat menunjang prestasi atlet.

justgohostelbraga.com penelitian no. 2 dengan tinggi badan ,5 cm dan berat badan sesudah perlakuan 71,5 kg (IMT 19,7) memberikan kemampuan fisik yang jauh berbeda dengan subyek yang.

mendapatkan Berat Badan atau komposisi tubuh yang sesuai. Pengaturan Berat Badan hendaknya difokuskan kepada lkomposisi tubuh, buykan kepada Berat Badan, oleh karena untuk Atlet-atlet perorangan tidak ada standar untuk Berat Badan maupun lemak tubuhnya. Karakteristik fisik Atlet-atlet yang sukses bervariasi luas antar cabang maupun dalam cabang.

membahas tentang kebutuhan gizi, pengaturan makan dan penyusunan menu atlet sepakbola yang dapat digunakan sebagai panduan bagi atlet, pengelola makanan atlet sepakbola, tenaga gizi berat badan 60 kg., tinggi badan cm. Untuk menjaga staminanya ia berlatih berlari dengan kecepatan 5,5 menit per km, selama satu jam, tiga kali perminggu.

Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang

Dec 22,  · Berat badan diukur dengan alat ukur berat badan dengan suatu satuan kilogram. Dengan mengetahui berat badan seseorang maka kita akan dapat memperkirakan tingkat kesehatan atau gizi seseorang.

Dalam program penurunan berat badan yang tepat pengaturan makanan merupakan hal yang penting karena makanan merupakan input dari system pencernaan kita.

justgohostelbraga.com Recommend Documents. Zat Gizi Mikro Bagi Atlet Olahraga Endurance. artikel gizi olahragaFull description. Konseling Gizi Pada Atlet.

Full description. makalah gizi pada atlet. kesehatan. Kebutuhan Gizi Atlet. ppt. Kebutuhan Gizi Bagi Anak Dan Balita. Bab 5 PENGATURAN MAKAN ATLET 72 A.

Gizi dan olahraga,.pdf

Tahapan Pengaturan Makan 76 B. Pengaturan Makanan Sebelum, Saat dan Sesudah Pertandingan 82 Bab 6 MENU DAN PENYELENGGARAAN MAKANAN BAGI ATLET G. Kelebihan berat badan/Obesitas H. Osteoporosis Olahraga I. Diabetes Melitus Bab 9 GANGGUAN MAKAN PADA ATLET A.

Gangguan makan

Ppt pengaturan berat badan atlet pdf
Rated 3/5 based on 17 review